Jumat, 23 Maret 2007

Memaksimalkan Network

Masalah me-reffer, merekrut, mengajak atau apa pun namanya, menjadi penting dalam bisnis internet. Ketika hubungan yang tercipta di dunia maya sangat cair, maka tentu dibutuhkan kerja yang lebih keras untuk menumbuhkan kepercayaan orang yang kita ajak bergabung. Ini agak berbeda dengan kondisi di dunia 'nyata', di mana orang bisa langsung ketemu dan dianggap akan lebih gampang untuk menilai kejujuran atau ketulusan orang yang berbisnis dengan kita.
 
Tapi justru di situlah letak tantangan dan keunikannya. Jika kita tulus, jujur dan punya niat baik, lalu berhasil meyakinkan orang yang kita ajak bergabung, maka ada kepuasan tersendiri.
 
Update referral terakhir di dalam networking saya per 23 Maret 2007:
  • Direct referral: 19
  • Extended referral: 193
  • Total in my network: 212 (Wiro Sableng :-))
Mari kita analisa data ini.
  • Direct referral 19: Artinya hingga saat ini orang yang mendaftar langsung melalui saya adalah sebanyak 19 orang.
  • Extended referral 193: Artinya direct referral saya yang 19 itu berhasil merekrut 193 orang (referral)
  • Total in my network 212: Artinya secara keseluruhan network ini memiliki anggota 212 orang termasuk saya.
Sudah puaskah saya? Jujur saya harus katakan: BELUM! Kenapa? Mari kita lihat.
 
Katakanlah kita sepakat bahwa di dalam network kita ini setiap anggota memiliki target me-reffer alias mengajak 10 orang untuk bergabung. Saat ini direct referral saya 19 orang. Ini berarti bahwa target minimal saya sudah tercapai. Tapi saya tentu saja tidak ingin berhenti sampai di situ. Jika memungkinkan, saya masih ingin terus menambah referral saya, tentu disesuaikan dengan kemampuan saya.
 
Sekarang kita lihat Extended referral saya jumlahnya 193. Dengan melihat bahwa direct referral saya jumlahnya 19 orang, maka ini berarti bahwa masing-masing direct referral saya merekrut rata-rata 10 orang, sehingga target minimal sudah tercapai. Meski demikian, ini sesungguhnya hanya nilai rata-rata, karena mungkin saja di antara yang 19 ini ada yang berhasil merekrut puluhan orang sementara yang lainnya hanya satu atau dua orang.
 
Sekarang mari kita lihat jumlah keseluruhan yang ada dalam network kita. Jumlahnya 'hanya' 212. Apa artinya? Jika kita kembali kepada kesepakatan kita tentang target minimal 10 orang, maka jumlah keseluruhan seharusnya adalah 193 X 10 = 1930 orang. Jadi, jumlah 212 ini masih sangat jauh dari target. Lalu bagaimana cara untuk memperbaikinya?
 
Titik yang perlu diperbaiki adalah pada extended referral yang 193 ini. Maka ini menjadi 'tugas' ke 19 orang direct referral untuk memberi semangat pada temen-temen kita yang 193 orang ini untuk lebih giat menyebarkan informasi dan mengajak temen-temen lainnya yang belum bergabung. Kenapa harus yang 19 ini? Karena Anda-andalah yang paling tahu kondisi mereka, karena mereka bergabung melalui Anda dan menjadi direct referral Anda.
 
Saya tidak menyebut ini masalah. Saya lebih suka menyebutnya sebagai 'sesuatu yang masih sangat bisa dimaksimalkan'. Alasan belum maksimalnya temen-temen yang 193 orang ini bisa bermacam-macam. Bisa saja karena masih agak bingung tentang apa yang harus dilakukan, atau hal-hal lainnya. Di sinilah tugas kita untuk membuat semuanya menjadi lebih jelas sehingga mereka akan menjadi lebih aktif dalam mengembangkan jaringan. Sebagai alat bantu, Anda boleh juga memberikan ebook gratis ini  kepada siapa pun yang ingin memilikinya.
 
Lalu apakah jika semua target minimal itu tercapai, semua keuntungannya buat saya? Jawabannya, TIDAK! Meski ada keuntungan yang saya dapatkan, tapi yang mendapat bagian terbesar adalah kita sendiri. Siapa yang bekerja keras, dialah yang mendapat keuntungan lebih banyak. Demikian juga dengan Anda. Semakin besar network yang Anda ciptakan, semakin banyak orang yang menjadi referral Anda, semakin besar pula keuntungan yang Anda dapatkan.
 
Maka, mari kita bekerja lebih keras lagi, lebih giat lagi. Setuju?
 
Yang belum bergabung, silakan daftar di sini.

Tidak ada komentar: